Latest News

Fitur Terbaru Youtube "Card", fungsi dan manfaatnya

Youtube Cards

Sering meng-upload video di youtube? Jika iya, mungkin Agan bukan orang yang asing mengenai fitur-fitur yang ada di youtube. Seperti videoeditor,  Anotation,  Enhancements dan Subtitles and CC. Nah pada bulan ini youtube menghadirkan 1 tambahan fitur  terbaru untuk membantu Agan dalam memaksimalkan video terutama untuk kebutuhan promosi dan memanjakkan para penonton video agan. yaitu Youtube Cards, itulah sebutannya. Seperti yang ada pada panduan tentang help youtube cards, dijelaskan bahwa,  dengan Youtube Cards, Agan dapat menambahkan lapisan interaktivitas baru pada video. Card diterapkan per video, dan dirender pada desktop serta perangkat seluler. Agan dapat memberikan URL tujuan dari daftar situs yang memenuhi syarat dan, bergantung pada jenis kartu, menyesuaikan gambar, judul, serta teks ajakan bertindak.
Fitur Terbaru Youtube "Card", fungsi dan manfaatnya

Fitur Youtube Card merupakan fitur yang akan menggantikan fitur annotation yang diluncurkan oleh Google.Annotation memang banyak membawa manfaat, baik bagi penonton maupun pembuat video, tapi sayangnya fitur ini tidak kompatibel dengan platform mobile. Dan lagi, saya pribadi menilai annotation sangat mengganggu jalannya video sehingga selalu saya matikan melalui menu pengaturan.
Bagi yang tidak tahu, fitur annotation memungkinkan pembuat video untuk menambatkan sejumlah link ke dalam videonya. Berkat link-link tersebut, para penonton bisa diarahkan ke video-video lain atau untuk subscribe ke channel tersebut – dua kegunaan paling umum dari fitur annotation di YouTube.
Pun demikian, keterbatasan annotation secara tak langsung memaksa Google untuk memutar otak. Perusahaan yang mengakuisisi YouTube di tahun 2006 ini memperkenalkan solusi baru yang lebih fleksibel sekaligus elegan.
Solusi tersebut disampaikan dalam bentuk kartu-kartu interaktif. Google menyebut YouTube Cards sebagai evolusi dari annotation. Selain tentunya sanggup memberikan informasi terkait, YouTube Cards bisa diakses oleh penonton kapanpun selama video sedang berjalan, tak terkecuali saat menonton menggunakan smartphone atau tablet.
Fitur Terbaru Youtube "Card", fungsi dan manfaatnya


Lebih sederhana lagi, fitur ini sebenarnya sama dengan fitur Anotations, namun kelebihannya adalah penambahan image. Artinya, jika seperti biasa annotations adalah sebulan tulisan, namun fitur ini adalah sebuah image & caption. Sebelumnya youtube Cards telah hadir beberapa pekan lalu di user premium(Contend ID).

Sebagai tambahan, Ada beberapa hal penting  yang juga saya kutip dari youtube mengenai fitur ini.
  1. Kami sarankan untuk tidak menunjuk ke kartu dalam video Agan karena kartu mungkin ditampilkan secara berbeda pada berbagai perangkat.
  2. Jika Agan memiliki video atau daftar putar unggulan dalam video, keduanya akan disembunyikan pada video yang menggunakan kartu. Kini Tagan air pencitraan merek(watermark) ditampilkan di kanan bawah pemutar agar tidak berbenturan dengan kartu.
  3. Jika video Agan telah diklaim oleh Content ID dan pemilik konten telah menyiapkan kampanye, kartu tidak akan ditampilkan pada video.'
  4. Video yang menampilkan kartu tidak akan menampilkan hamparan Ajakan Bertindak.
  5. Untuk dapat menampilkan kartu, akun Agan harus bereputasi baik.
  6. Pelaporan kinerja kartu tersedia di YouTube Analytics.
  7. Monetisasi pada video yang menggunakan kartu tidak akan terpengaruh.
  8. Kartu akan berfungsi lebih baik bila posisinya tidak terlalu berdekatan satu sama lain. Coba berikan jarak yang sesuai pada masing-masing kartu.


Tertarik? Silakan Mencoba