Latest News

Manfaat dan Kandungan Buah Pisang buat kesehatan

siapa sih gak tau ciri-ciri buah pisang yang ada di sekitar kita dan mudah di jumpai?  Pisang berasal dari tumbuhan terna raksasa berdaun besar dan memanjang.Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang biasa disebut sisir. Dan Buah pisang memiliki karakteristik  kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu bahkan berwarna hampir hitam. 

gambar buah pisang 1

Buah Pisang sangat digemari karena cara untuk menikmatinya yang sangat praktis dan rasanya yang enak, dan yang palin penting adalah buah pisang ini menyimpan segudang energi dan manfaat bagi kesehatan.   Nilai eneergi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi yang terkandung dalam buah pisang 2 kali lebih besar dibandingkan buah apel. karbohidrat yang terkandung pada buah pisang termasuk jenis karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap sehingga karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan tubuh dan secara cepat tersedia bagi tubuh, oleh sebab itu, banyak atlet saat istirahat atau jeda mengkonsumsi pisang sebagau cadangan energi.   Dan untuk protein dan lemak pada pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah karena hanya sekitar 2,3% dan 0,13 persen.

gambar buah pisang 2
setelah kita tahu kandungan nilai energi, protein dan lemak  pada buah pisang, maka selanjutnya menengok manfaat buah pisang bagi kesehatan kita.
1. Pisang dapat menggantikan minuman olahraga 
          bila terbiasa minum suplemen saat latihan olahraga maka ada baiknya  mengganti  dengan buah pisang  karena pada studi kasus yang dilakukan oleh PLOS ONE menganalisa ampel darah pesepeda profesional yang diberi minuman olah rga dan sebagian di beri pisang untuk dikonsumsi setiap 15 menit selama 3 jam menunjukkan hasil yang sama pada pesepeda yang di kasih minuman suplemen olahraga.
 
         Pisang merupakan sumber pati resistan yang membantu tubuh untuk menjadi lebih langsing. pati resistan memberi efek rasa kenyang yang lebih lama, pati ini juga membuat organ hati lebih banyak membakar lemak.
Kandungan Potasium pada pisang dapat meregulasi tekanan darah. Semakin bnyak potasium yangb dikonsumsi semakin bnayak sodium yang dikeluarkan oleh tubuh. Karena Sodium ini bersifat diuerik sehingga memberi pisang memberi manfaat bagi jantung.
 
Pisang mengandung nutrisi yang dibutuhkan probiotik pada sistem pencernaan manusia.
-
Pisang dapat membantu mengatasi permasalahan pada sistem cerna karena pisang termasuk serat yang baik, dimana serat pisang ada 2 jenis yaitu Serat larut dan serat tidak larut. Serat Larut akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, smentara serat tak larut akan membantu membersihkan  sisa-sisa makanan yang terdapat pada usus besar sehingga melancarkan buang air besar.