PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Dengan semakin dekatnya era globalisasi/perdagangan bebas, dimana jarak tidak merupakan hambatan, komunikasi akan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, maka perlu suatu alat yang dapat mendukung kearah itu, salah satunya dengan internet. Internet merupakan sarana untuk dapat mengembangkan komunikasi dan transaksi dengan dunia luar, baik dengan dunia bisnis maupun mitra kerja.
Disamping itu internet juga merupakan salah satu sarana praktek untuk memperkenalkan publik dengan dunia teknologi maju dan sebagai media untuk pengajaran. Internet bukan hanya membuka wawasan regional tetapi sudah go internasional dengan pulsa lokal, biarpun berkomunikasi dengan luar negeri. Disamping sebagai alat media bisa juga, surat menyurat (email), berbicara dengan orang lain (teleconference), dan saling tukar pikiran (chatting), maka sekarang ini sudah harus ada fasilitas tersebut yang biasa disebut dengan warnet.
Pemasaran sangat erat hubungannya dan merupakan
sebuah bagian yang tak terpisahkan dari penjualan, baik itu berupa barang
maupun jasa. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, akan banyak
menarik minat konsumen yang kita bidik sebagai mangsa pasar dari produk yang
kita tawarkan. Kalaupun pruduk yang kita tawarkan ternyata hanya dilirik tanpa
satupun terjual, mungkin karena penerapan strategi pemasaran yang keliru atau
kurang tepat, bisa juga karena kita menawarkan barang atau jasa kepada orang
atau perusahaan yang kurang tepat. Bisa juga orang masih ragu dengan kehadiran
produk baru kita, sehingga mereka pada saat pertama hanya tertarik untuk
melihat-lihat sekaligus untuk membandingkan produk sejenis dari produsen lain.
Barang atau jasa yang baru masuk kedalam pasar, tentu akan menempati kelas
menengah kebawah jika dibandingkan dengan produk sejenis yang telah menguasai
pasar lebih dulu.
Jika kita menginginkan produk yang kita tawarkan
menempati kelas atas dan banyak diminati oleh konsumen, maka beberapa usaha
yang terkait dengan strategi pemasaran harus kita terapkan untuk mendapatkan
apa yang kita inginkan tersebut. Karena dengan banyaknya produk kita yang laku,
maka dengan otomatis jumlah keuntungan yang kita dapatkan juga akan berlipat
ganda.
Di sebuah sekolah ekonomi, pasti banyak sekali
dibahas tentang strategi pemasaran yang ditinjau dari banyak aspek dan mungkin
justru akan membingungkan bagi seorang pengusaha yang hanya memahami dunia
pemasaran atau penjualan secara otodidak tanpa pernah bersentuhan dengan
buku-buku atau pembahasan-pembahasan secara lisan yang berhubungan dengan
strategi pemasaran. Tetapi jangan salah sangka terlebih dahulu, para pengusaha
yang merintis usaha dan menjadi besar secara otodidak tersebut, belum tentu
kalah jika dibandingkan dengan lulusan-lulusan sekolah ekonomi dengan walaupun
dengan yang lulus nilai cumlaude sekalipun.
Para pengusaha otodidak ini, biasanya memang
lahir dari sebuah usaha tingkat kecil dimana mereka diharuskan untuk
membesarkan yang semula kecil sehingga dapat mempertahankan hidup. Cara untuk
dapat mempertahankan hidup, tentu saja salah satunya adalah terpenuhinya
kebutuhan hidup. Dengan sebuah kondisi yang setengah terpaksa atau dipaksa,
biasanya sering muncul ide-ide baru yang segar untuk menerobos pasar dan tak
jarang pada akhirnya menjadi sebuah panutan atau teladan bagi pengusaha lain
baik yang otodidak maupun yang telah banyak belajar strategi pemasaran dari
bangku sekolah ekonomi yang mereka tempuh.
Pepatah lama mengatakan bahwa pengalaman adalah
guru terbaik. Dan sampai saat ini, saya belum pernah mendengar sebuah pepatah
yang mengatakan jika sekolah adalah guru terbaik. Di bangku sekolah, terlalu
banyak teori-teori yang menurut saya tidak praktis jika diterapkan pada
kehidupan yang pada kenyataannya mempunyai masalah-masalah yang lebih komplek
daripada teori-teori yang diajarkan.
Para pengusaha
baik yang terlahir secara otodidak ataupun terlahir dari bangku-bangku sekolah
ekonomi favorit, pada akhirnya harus bersaing untuk menemukan sebuah strategi
pemasaran yang bagus dann tepat untuk mengatasi persaingan yang terjadi didalam
pasar. Apabila memang tidak atau belum mampu untuk menemukan strategi pemasaran
yang baru, maka mereka diharuskan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang
sudah ada sehingga berbeda dengan strategi pemasaran yang digunakan oleh para
pesaingnya. Berbeda yang saya maksud, tentunya bukan berbeda yang sifatnya
aneh, nyleneh atau menyimpang, tetapi mengembangkan menjadi lebih baik dan pada
akhirnya akan mengundang konsumen untuk melirik produk yang kita tawarkan
daripada produk yang ditawarkan pesaing.
Strategi pemasaran yang biasa diambil, antara
lain adalah :
- Mencari sebuah tempat yang strategis, dimana banyak orang yang kita bidik untuk membeli produk yang kita tawarkan sering lewat.
- Menampilkan barang-barang yang bisa mengundang atau memancing orang untuk datang dan melihat-lihat barang yang kita tawarkan.
- Memberikan suasana yang nyaman kepada pengunjung.
- Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada calon pembeli.
- Memberikan garansi terrhadap barang yang kita jual.
- Memasang label harga pada semua barang yang kita jual.
- Memberikan diskon atau potongan harga jika membeli dalam jumlah besar.
- Memberikan diskon khusus kepada pembeli yang sedang berulang tahun.
- Menyediakan fasilitas pembayaran yang lengkap.
- Menyediakan fasilitas pengantaran barang yang dibeli secara gratis.
Mungkin itu adalah bagian-bagian yang sangat
penting dan harus diambil dalam menerapkan strategi pemasaran untuk menjaring
konsumen sebanyak-banyaknya dan tentunya belum semua dari keseluruhan strategi
pemasaran yang ada. Selain sepuluh hal diatas, yang tak kalah pentingnya adalah
pemasangan iklan serta pemberian harga yang akan membentuk opini murah.
Memberikan label harga pada sebuah barang dengan angka 49.998 akan memberikan
efek yang lain kepada calon pembeli, dibandingkan dengan memasang label dengan
angka 50.000 atau bisa juga dengan memasang tulisan besar yang mudah terbaca
orang lewat, barang ini mulai harga 40ribuan.
Saya bukanlah seorang pengusaha otodidak juga
bukan lulusan sebuah sekolah ekonomi, jadi kalau dalam tulisan ini terdapat
kesalahan atau kekurangan, silahkan para ahli-ahli ekonomi untuk mengkoreksi
apa yang saya tulis diatas.
Tips Untuk Menarik Pelanggan Warnet
Sebagai pemilik warnet pasti anda ingin warnet anda selalu ramai dikunjungi, ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk menarik minat dan mempertahankan pelanggan warnet anda.- Carilah situs-situs yang menurut anda menarik bagi pengunjung warnet anda, buatlah daftar atau bookmarklah situs-situs tersebut, rekomendasikan kepada pengunjung warnet anda. Kebanyakan pelanggan datang ke warnet karena ingin mencari suatu informasi tetapi banyak pula yang cuma iseng ingin sekedar menghibur diri, berilah informasi situs-situs yang bisa membuat pelanggan anda betah berlama-lama di warnet, dengan begitu pemasukkan anda pun akan mengalir.
- Banyak pula pelanggan warnet yang hobi bermain game, nah ini bisa anda jadikan target pemasaran bagi warnet. Anda bisa mencari game-game multiplayer baik yang online maupun yang lokal. Sediakanlah di beberapa macam pilihan game yang menarik bagi pelanggan warnet.
- Kebanyakan pelanggan warnet adalah pelajar dan mahasiswa, biasanya mereka ke warnet setelah selesai sekolah atau kuliah, dan biasanya mereka malas untuk makan atau minum dulu di kantin, ini bisa anda manfaatkan untuk menyediakan makanan dan minuman ringan. Jadi bila pengunjung warnet anda ingin membeli makanan atau minuman mereka tidak perlu jauh-jauh dari warnet anda. Bisa menghemat waktu mereka dan menambah kocek anda tentunya.
- Sebagian besar pelanggan warnet adalah orang-orang yang ingin mencari data atau informasi tertentu, dan bisanya mereka membutuhkan tempat untuk menampung data yang mereka ambil dari internet. Bila anda membatasi penggunaan disket atau flashdisk ini akan merugikan bagi warnet anda, berilah mereka kebebasan untuk menggunakannya, itu akan membuat mereka lebih nyaman dan merasa dipercaya oleh anda.
- Dengan banyaknya penggunaan disket atau media yang bisa dipindah-pindah (removable), tentu akan menambah resiko keluar masuknya virus. Untuk itulah anda harus meggunakan antivirus yang bisa diandalkan. Anda tentu tak ingin warnet anda dikenal sebagai penyebar virus.
- Gunakan software billing yang ampuh, banyak software billing yang bisa anda gunakan. Baik yang gratisan maupun yang bayar, carilah software billing dengan feature-feature yang menarik, seperti bisa menyimpan data pelanggan.
- Salah satu hal yang paling penting bagi warnet anda adalah software proxy, gunakan software proxy yang handal. Bila software proxy yang anda gunakan sering bermasalah dan rentan terhadap gangguan, ini bisa menghambat bisnis warnet anda.
- Gunakan browser yang terbaru, dengan browser yang terbaru dan canggih akan menambah kenyamanan bagi pelanggan warnet anda.
- Cobalah untuk lebih mengenal dan lebih akrab dengan pelanggan anda, perhatikan kebiasaannya, situs-situs apa yang sering dikunjunginya, kemudian carilah situs yang sejenis, rekomendasikan padanya tentu dia akan merasa senang dan bisa menjadi pelanggan setia anda.
- Kebanyakan pelanggan warnet adalah mereka yang hobi chatting, anda harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan software-software chatting yang canggih, dengan menggunakan software yang canggih akan membuat pelanggan warnet anda semakin betah.
- Tidak pula anda untuk menambah fasilitas-fasilitas bagi pelanggan warnet anda, seperti headphone, kamera web, microphone, dll.
- Terkadang bila koneksi internet yang anda gunakan di warnet kurang baik, sehingga butuh waktu yang agak lama untuk meload, hal ini bisa anda atasi dengan menyediakan lagu-lagu mp3 yang bisa membuat pelanggan anda betah untuk menunggu dan mengurangi rasa kesal.
1.
tempat nyaman. jangan kotor trus biasanya di warnet
suka ada yang nyoret2 pake gambar jorok juga tuh... pokoknya sebisa mungkin
tingkatkan kenyamanan!!
2.
internet cepat!
wah, kalo udah gini mah, banyak deh pelanggannya!!
3.
MURAH! trik jitu yang gak ada matinya.
4.
No Virus No Cry. Setiap komputer mesti di jamin gak ada
virus. Soalnya saya juga sering dapet buah tangan dari warnet berupa Virus
nemplok di USB.... Update trus AntiVirusnya!
5.
bikin plang gede, iklan yang ngena ke segala kalangan
dan pakai model layout iklan yang lagi banyak dipake dan gak terkesan
norak/kampungan.
6.
sekali lagi, MURAH! hhehe...
7.
jaga privasi pelanggan tapi juga jangan dbikin kayak
bilik toilet. entar malah ada yang ahem2 lagi. *3*
8.
banyak juga warnet yang masih gak terinstal software2
yang sebenernya kadang dibutuhin sama pelanggan. kyak macromedia flash, dsb.
9.
yang pasti NYAMAN dan jangan bau
pesing/rokok/kentut/sepatu nginjek e*k
10. SEJUK!
hehehe. biar pada numpang ngadem.
11. kalo
mau paket2an, paket murah aja. misalnya 1 jam main 5ribu. tapi kalo 2 jam main
6 ribu. tapi kalo 3 jam main 15 ribu (ngasal banget sih gw..)