Latest News

MAKALAH CARA PEMASARAN UNTUK MENARIK PELANGGAN DALAM USAHA WARNET



BAB I
PENDAHULUAN
Dengan semakin dekatnya era globalisasi / perdagangan bebas, dimana jarak tidak merupakan hambatan, komunikasi akan bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, maka perlu suatu alat yang dapat mendukung kearah itu, salah satunya dengan internet.  Internet merupakan sarana untuk dapat mengembangkan komunikasi dan transaksi dengan dunia luar, baik dengan dunia bisnis maupun mitra kerja.Disamping itu internet juga merupakan salah satu sarana praktek untuk memperkenalkan publik dengan dunia teknologi maju dan sebagai media untuk pengajaran. Internet bukan hanya membuka wawasan regional tetapi sudah go internasional dengan pulsa lokal, biarpun berkomunikasi dengan luar negeri. Disamping sebagai alat media bisa juga, surat menyurat (email), berbicara dengan orang lain (teleconference), dan saling tukar pikiran (chatting), maka sekarang ini sudah harus ada fasilitas tersebut yang biasa disebut dengan warnet.

Pemasaran sangat erat hubungannya dan merupakan sebuah bagian yang tak terpisahkan dari penjualan, baik itu berupa barang maupun jasa. Dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat, akan banyak menarik minat konsumen yang kita bidik sebagai mangsa pasar dari produk yang kita tawarkan. Kalaupun pruduk yang kita tawarkan ternyata hanya dilirik tanpa satupun terjual, mungkin karena penerapan strategi pemasaran yang keliru atau kurang tepat, bisa juga karena kita menawarkan barang atau jasa kepada orang atau perusahaan yang kurang tepat. Bisa juga orang masih ragu dengan kehadiran produk baru kita, sehingga mereka pada saat pertama hanya tertarik untuk melihat-lihat sekaligus untuk membandingkan produk sejenis dari produsen lain. Barang atau jasa yang baru masuk kedalam pasar, tentu akan menempati kelas menengah kebawah jika dibandingkan dengan produk sejenis yang telah menguasai pasar lebih dulu.
Jika kita menginginkan produk yang kita tawarkan menempati kelas atas dan banyak diminati oleh konsumen, maka beberapa usaha yang terkait dengan strategi pemasaran harus kita terapkan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut. Karena dengan banyaknya produk kita yang laku, maka dengan otomatis jumlah keuntungan yang kita dapatkan juga akan berlipat ganda.



BAB II
PERMASALAHAN

Dalam pemasaran atau mencari pelanggan dalam usaha warnet  beberapa permasalahan di antaranya sebagai berikut :
1.      Bagaiman cara memilih tempat untuk usaha warnet ?
2.      Bagaimana tips Untuk Menarik Pelanggan Warnet ?


BAB III
PEMBAHASAN

Memilih Lokasi
Memilih lokasi untuk berusaha adalah salah satu point yang paling sulit. Utamanya bagi mereka yang belum memiliki tempat berusaha milik sendiri dan berencana menyewa tempat untuk membuka usaha warnet. Lain halnya jika lokasi tersebut adalah milik sendiri dimana tidak ada pilihan selain menggunakan lokasi yang sudah ada.
Maka beberapa point berikut bisa menjadi patokan dalam memilih lokasi.
  • Jangan memilih lokasi yang sudah banyak warnet kecuali warnet yang akan anda dirikan memiliki kelebihan khusus yang membedakan dengan warnet lain disekitarnya.
  • Tempat yang paling cocok untuk warnet adalah dekat Kampus / Sekolah adalah mitos. Warnet-warnet yang saya dapati berhasil justru lokasinya tidak dekat kampus / sekolah. Malah lokasi dekat kampus / sekolah adalah saksi dari hidup matinya banyak warnet dalam kurun waktu yang singkat.
  • Tingkat kepadatan penduduk yang cukup dan demografi-nya sesuai dengan target pemasaran warnet. Pelanggan warnet terbesar adalah mereka yang berumur 16thn hingga 30-an thn. Jadi buka warnet di sebuah komplek perumahan yang isinya pensiunan tidak di sarankan
  • Lihat di sekitar lokasi apakah ada mini market. Ini adalah salah satu saran dari teman sesama pengusaha warnet. Alasannya sederhana, mereka yang berbelanja di mini market memiliki kemiripan demografi dengan pelanggan di warnet.
  • Tempat parkir yang cukup untuk minimal 10 sepeda motor dan atau 2 mobil. Ini berdasarkan pengalaman, warnet yang tidak memiliki tempat parkir yang cukup akan menyulitkan pelanggan dan tidak menarik untuk di kunjungi

Tips Untuk Menarik Pelanggan Warnet

Sebagai pemilik warnet pasti anda ingin warnet anda selalu ramai dikunjungi, ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk menarik minat dan mempertahankan pelanggan warnet anda.
  • Carilah situs-situs yang menurut anda menarik bagi pengunjung warnet anda, buatlah daftar atau bookmarklah situs-situs tersebut, rekomendasikan kepada pengunjung warnet anda. Kebanyakan pelanggan datang ke warnet karena ingin mencari suatu informasi tetapi banyak pula yang cuma iseng ingin sekedar menghibur diri, berilah informasi situs-situs yang bisa membuat pelanggan anda betah berlama-lama di warnet, dengan begitu pemasukkan anda pun akan mengalir.
  • Banyak pula pelanggan warnet yang hobi bermain game, nah ini bisa anda jadikan target pemasaran bagi warnet. Anda bisa mencari game-game multiplayer baik yang online maupun yang lokal. Sediakanlah di beberapa macam pilihan game yang menarik bagi pelanggan warnet.
  • Kebanyakan pelanggan warnet adalah pelajar dan mahasiswa, biasanya mereka ke warnet setelah selesai sekolah atau kuliah, dan biasanya mereka malas untuk makan atau minum dulu di kantin, ini bisa anda manfaatkan untuk menyediakan makanan dan minuman ringan. Jadi bila pengunjung warnet anda ingin membeli makanan atau minuman mereka tidak perlu jauh-jauh dari warnet anda. Bisa menghemat waktu mereka dan menambah kocek anda tentunya.
  • Sebagian besar pelanggan warnet adalah orang-orang yang ingin mencari data atau informasi tertentu, dan bisanya mereka membutuhkan tempat untuk menampung data yang mereka ambil dari internet. Bila anda membatasi penggunaan disket atau flashdisk ini akan merugikan bagi warnet anda, berilah mereka kebebasan untuk menggunakannya, itu akan membuat mereka lebih nyaman dan merasa dipercaya oleh anda.
  • Dengan banyaknya penggunaan disket atau media yang bisa dipindah-pindah (removable), tentu akan menambah resiko keluar masuknya virus. Untuk itulah anda harus meggunakan antivirus yang bisa diandalkan. Anda tentu tak ingin warnet anda dikenal sebagai penyebar virus.
  • Gunakan software billing yang ampuh, banyak software billing yang bisa anda gunakan. Baik yang gratisan maupun yang bayar, carilah software billing dengan feature-feature yang menarik, seperti bisa menyimpan data pelanggan.
  • Salah satu hal yang paling penting bagi warnet anda adalah software proxy, gunakan software proxy yang handal. Bila software proxy yang anda gunakan sering bermasalah dan rentan terhadap gangguan, ini bisa menghambat bisnis warnet anda.
  • Gunakan browser yang terbaru, dan canggih akan menambah kenyamanan bagi pelanggan warnet anda.
  • Cobalah untuk lebih mengenal dan lebih akrab dengan pelanggan anda, perhatikan kebiasaannya, situs-situs apa yang sering dikunjunginya, kemudian carilah situs yang sejenis, rekomendasikan padanya tentu dia akan merasa senang dan bisa menjadi pelanggan setia anda.
  • Kebanyakan pelanggan warnet adalah mereka yang hobi chatting, anda harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan software-software chatting yang canggih, dengan menggunakan software yang canggih akan membuat pelanggan warnet anda semakin betah.
  • Tidak pula anda untuk menambah fasilitas-fasilitas bagi pelanggan warnet anda, seperti headphone, kamera web, microphone, dll.
  • Terkadang bila koneksi internet yang anda gunakan di warnet kurang baik, sehingga butuh waktu yang agak lama untuk meload, hal ini bisa anda atasi dengan menyediakan lagu-lagu mp3 yang bisa membuat pelanggan anda betah untuk menunggu dan mengurangi rasa kesal.
  • Tempat nyaman. jangan kotor trus biasanya di warnet suka ada yang nyoret-nyoret pake gambar jorok juga tuh. pokoknya sebisa mungkin tingkatkan kenyamanan.
  • Akses, meliputi kemudahan untuk dihubungi atau ditemui (approachability) dan kemudahan kontak. Hal ini berarti lokasi fasilitas jasa mudah dijangkau, waktu mengantri atau menunggu tidak terlalu lama, saluran komunikasi perusahaan mudah dihubungi (contohnya, telepon, surat, email, fax, dan seterusnya), dan jam operasi nyaman.
  • Kesopanan (courtesy), meliputi sikap santun, respek, atensi, dan keramahan para karyawan kontak (seperti resepsionis, operator telepon, bell person, teller bank, kasir, dan lain-lain).
  • Komunikasi, artinya menyampaiakan informasi kepada pelanggan dalam bahasa yang mudah mereka pahami, serta selalu mendengarkan saran dan keluhan pelanggan. Termasuk didalamnya adalah penjelasan mengenai jasa/layanan yang ditawarkan, biaya jasa, trade off antara jasa dan biaya, serta proses penanganan masalah potensial yang mungkin timbul.
  • Kredibilitas, yaitu sifat jujur dan dapat dipercaya. Kredibilitas mencangkup nama perusahaan, reputasi perusahaan, karakter pribadi karyawan kontak, dan interaksi dengan pelanggan (hard selling versus soft selling approach).
  • Keamanan (security), yaitu bebas dari bahaya, risiko atau keragu-raguan. Termasuk didalamnya adalah keamanan secara fisik (physical safety), keamanan financial (financial security), privasi, dan kerahasiaan (confidentiality).


3.       
KESIMPULAN

Jika kita menginginkan produk yang kita tawarkan menempati kelas atas dan banyak diminati oleh konsumen, maka beberapa usaha yang terkait dengan strategi pemasaran dan pemilihan lokasi harus kita terapkan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut. Karena dengan banyaknya produk kita yang laku, maka dengan otomatis jumlah keuntungan yang kita dapatkan juga akan berlipat ganda.