Latest News

Manfaat menguasai Bahasa Asing untuk Mengenal Dunia lebih Dekat.

Kemampuan menguasai bahasa asing merupakan salah satu modal untuk menyambut Asean Community (AC) di Tahun 2015 mendatang. Sehingga Banyak komunitas yang menyelenggarakan perkumpulan untuk mengasah dan melatih kemampuan berbahasa asing.

1. Wajib menguasai bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa asing saat ini sangat diperlukan terutama akan menghadapi Asean Community (AC) di tahun 2015 yang akan membahas perdagangan global. Bahasa Inggris merupakan bahasa wajib yang harus dikuasai dan dipahami. Karena Bahasa Inggris sudah menjadi pergaulan global atau perdagangan global yang lebih sering digunakan terutama pada “Proses komunikasi, transfer informasi, hingga segala macam dokumen biasanya berbentuk bahasa asal dan bahasa Inggris. kemampuan bahasa asing juga menjadi penunjang dalam menunjukkan eksistensi kompetensi dan keunggulan diri kita.

2. Tempat Sarana Belajar kemampuan bahasa Inggris 

Bagi yang masih belajar meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, jangan Cemas! Tidak ada kata terlambat bagi Anda yang sungguh-sungguh berusaha. terutama bagi warga Yogyakarta jika ingin belajar bahasa inggris bisa gabung di Dua komunitas ini dapat dijadikan sarana meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Manfaat menguasai Bahasa Asing untuk Mengenal Dunia lebih Dekat.

English discussion

Komunitas ini beranggotakan mahasiswa dan alumni lulusan perguruan tinggi dimana kegiatannya meliputi diskusi bahasa inggris. diadakan Setiap Jumat sore di SPBU Jl.Kaliurang Km 5, dimana anggota komunitas berkumpul dengan membahas salah satu topik.  Biasanya tema yang dibahas setiap minggunya berbeda-beda, misalnya tentang body language. “Diskusi ini  tidak ada satu pengajar khusus yang mengajar pesertanya, tetapi semua anggota, semua partisipan itu key speaker".

Tempat untuk pertemuan komunitas English discussion masih nomaden. Jika berminat untuk bergabung, Anda bisa mendatangi basecam komunitas yang terletak di  belakang SPBU Jl.Kaliurang Km 5 atau menghubungi via Twitter @english-discuss.

English Debating Society

English Debating Society merupakan salah satu UKM di Universitas gajah Mada yang baru resmi berdiri pada tahun 2011. Meskipun baru berdiri sekitar 3 tahun, setiap bulan EDS telah mampu mengirimkan kontingen debat dua sampai tiga kali. UKM ini tercatat berulangkali mengikuti kompetisi baik lokal (nasional), Asia, bahkan tingkat dunia.

Dalam mengikuti kompetisi yang tingkatnya sudah dunia, EDS tidak main-main. Untuk persiapan lomba, anggota akan latihan sejak satu bulan sebelum lomba dengan intensitas setiap hari selama enam jam. Jika tidak sedang mengikuti lomba, latihan reguler dilaksanakan setiap Sabtu dari pukul 13.00-18.00 di Balairung gedung pusat UGM.

Ketua EDS 2013, Dianty Widyowati, mengaku mendapatkan banyak manfaat. “Yang kita dapat dari debat ini dua hal, yang pertama public speaking, kedua critical thinking. Dalam debat itu yang dinilai tidak hanya isinya, tapi juga cara kita menyampaikannya,” terangnya. Selain itu, wawasannya pun semakin luas dan seyogyianya harus tahu sesuatu apa yang kita tidak tahu. "Misal ada topik tentang konflik politik di Sudan, nah aku jadi harus tahu ini adanya internasional criminal course, aku jadi harus belajar tentang ekonomi atau hukum. Aku juga jadi tahu alasan seorang hakim dalam memutuskan seseorang bersalah atau tidak,” lanjut Dianty, sapaan akrabnya.

Bagi Anda yang ingin membuka peluang debat dengan pemuda dari negara lain, dapat mengikuti EDS. UKM ini terbuka untuk semua mahasiswa D3 dan SI UGM. Open recruitment anggota baru dilaksanakan setiap satu tahun sekali saat gelanggang ekspo. Untuk info lebih lanjut, web yang bisa dituju adalah eds.ugm.ac.id.

Nah, sudah tahu kan Manfaat menguasai Bahasa Asing untuk Mengenal Dunia lebih Dekat dan komunitas apa saja yang bisa diikuti jika ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.