Latest News

Cara Mudah Tetap Sehat Mengahadapi Musim Pancaroba

Pengertian Pancaroba yaitu merupakan masa pergantian antara musim penghujan dan musim kemarau, atau sebaliknya. Masa pancaroba sering ditandai karena tingginya frekuensi kapasitas badai, serta hujan yang sangat deras disertai suara guruh petir, dan angin yang bertiup sangat kencang. Pada masa pancaroba itu umumnya frekuensi orang yang menderita penyakit kapasitasnya relatif meningkat terutama orang-orang yang menderita saluran pernapasan atas, seperti pilek dan batuk. Masa pancaroba ini juga biasanya ditandai dengan perilaku makhluk hidup terutama pada hewan dan tumbuhan. Misalnya Pada masa kemarau, hewan tonggeret akan memasuki masa kawin dan akan mengeluarkan suara yang khas. Dan pada ada masa penghuajan, hewan rayap akan memasuki tahap dewasa dan akan keluar dari gundukan tanah dan menjadi sebagai laron.

Cara Mudah Tetap Sehat Mengahadapi Musim Pancaroba
Jangan heran jika di musim pancaroba ini banyak yang menderita penyakit seperti batuk, gangguan pencernaan, influenza, demam, pilek, masuk angin, dan masih banyak lagi. Kenapa semua itu bisa terjadi? Penyebabnya ternyata selain berkurangnya sistem kekebalan tubuh kita akibat pergantian terhadap cuaca baru, dari pergantian cuaca ini ternyata dapat mengakibatkan bakteri dan virus berkembang biak lebih banyak dan cepat. Anda pasti khawatir dan akan menjadi ancaman yang cukup serius bagi keluarga anda.

Jadi, cara mudah untuk mengatasi masalah yang dapat memperburuk kesehatan kita di musim pancaroba ini, dapat mengantisipasi tips-tips yang ada di bawah ini :

Tips Menghadapi Musim Pancaroba :

1. Perkuat Sistem Daya Tahan Tubuh (Imunitas)

Sistem Daya kekebalan tubuh atau biasa disebut imunitas merupakan suatu sistem kekebalan (pertahanan) didalam tubuh kita yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai virus, penyakit dan kuman. karena begitu besarnya fungsi dari sistem kekebalan tubuh kita dalam memerangi penyakit dan menangkal virus yang akan masuk kedalam tubuh. Tipsnya dengan tidur dan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran yang segar, serta kurangi beban pikiran dari pekerjaan yang dapat membuat anda stres. disamping itu juga perlu di imbangi dengan  olah raga secara teratur setiap hari agar dapat meningkatan sistem daya tahan tubuh kita.

2. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Dari penjelasan tips nomer 1 diatas, Agar Tubuh memiliki sistem daya tahan tubuh yang baik maka perlu  didukung dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang sesuai dengan kandungan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dalam makanan.

3. Istirahat yang cukup

Tubuh juga memelurkan istirahat yang cukup untuk menjaga dan membantu memulihkan sistem daya tahan tubuh setelah seharian beraktifitas. Dianjurkan untuk tidur selama 6-8 jam sehari agar tubuh tetap sehat dan segar.

4. Olahraga yang cukup

Olahraga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu misalnya lari, bersepeda, jogging, senam atau berjalan kaki.

5. Konsumsi suplemen bila dibutuhkan

Suplemen terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada musim peralihan ini (pancaroba). Untuk memenuhi dan menjaga kebutuhan gizi di dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi atau minum suplemen yang  mempunyai kandungan vitamin C, Echinacea, dan Zinc.

6. Minum air putih yang banyak.

Agar tubuh tetap sehap saat musim pancaroba hadir, maka anda dianjurkan untuk  minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari. Dan Minumlah air pada kondisi suhu yang normal sebab mengkonsumsi air yang suhunya dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh.

7. Mengelola stres

Stres mempunyai dampak negatif bagi kesehatan  khususnya pada tubuh. Dampak dari stres  seperti nafsu makan yang berkurang dan sulit tidur sehingga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

8. Menjaga kebersihan tubuh anda dan lingkungan

selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang hendak anda konsumsi. Selain itu  selalu menjaga kebersihan badan dengan mandi minimal 2 kali sehari, dan hendaknya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan, dan lain-lain. Untuk mencegah munculnya jentik-jentik penyakit jagalah kebersihan lingkungan dan berantaslah hewan seperti nyamuk, dan lalat serta kecoa .

10. Berdo’a Kepada Allah yang Maha Pencipta.

Perlu disadari bahwa Allah yang menciptakan penyakit, dan Allah yang menciptakan penawar untuk penyakit itu. Hendaknya kita memohon kepada Allah yang telah menciptakan penyakit, dan Allah yang mengabulkan do’a kita dan menjauhkan kita dari berbagai macam bentuk penyakit.


Itulah beberapa tips kesehatan dengan tema Cara Mudah Tetap Sehat Mengahadapi Musim Pancaroba  yang bisa anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selama menghadapai musim pancaroba. Semoga bermanfaat.jika anda mau menambahkan silahkan ditambahkan pada kolom komentar. Terimakasih